Nama saya Irawan Kristianto tapi lebih sering di panggil Gepy semenjak SMA karena badan kurus saya. Semenjak itu pula, nama “Gepy” saya selipkan menjadi nama tengah saya. Saya berkecimpung di dunia fotografi semenjak SD, berhenti belajar di tahun 1996 karena rumah kemalingan dan membawa semua alat foto milik bapak, dan memulai lagi tahun 2010 setelah saya memutuskan meninggalkan pekerjaan saya sebagai sarjana teknik sipil. Berikut beberapa pertanyaan yang sering diajukan kepada saya sebagai fotografer profesional. Jika anda mempunyai pertanyaan lain tentang saya, silakan hubungi saya melalui email : igkbygepy@gmail.com

STYLE FOTO & CARA KERJA

SKILL STYLE FOTO SEPERTI APA YANG DIMILIKI OLEH GEPY ?

Semenjak mulai motret wedding tahun 2009, Gepy sudah mencintai fotografi yang spontan, tanpa diatur, jujur dan apa adanya. Bahasa lazim nya adalah CANDID PHOTOGRAPHY. Menurut Gepy, style fotografi ini bercerita tanpa banyak kata untuk bicara. Selain itu Gepy juga favorit menggunakan teknik Creative Flash untuk membuat sebuah foto menjadi lebih hidup.

APAKAH GEPY BEKERJA DENGAN/DALAM TEAM ?

Gepy bukan seorang superman yang sanggup mengerjakan setiap pekerjaan saya. Semua hasil foto Gepy didapat dari kerja tim yang super.

BERAPA FOTO YANG DIDAPAT UNTUK SEKALI ACARA WEDDING ?

Rata-rata jumlah file yang dihasilkan Gepy dalam satu hari kerja sekitar 2000 – 3000 dalam bentuk file JPEG dan RAW.

SELAIN FOTO, APA SAJA YANG DIDAPAT ?

Jika anda menyewa jasa Gepy, acara anda akan difoto oleh salah satu fotografer yang berpengalaman dibidangnya setidaknya 8 tahun terakhir. Selain itu, anda akan mendapatkan pengalaman dan hasil foto terbaik yang tidak pernah anda kira sebelumnya.

Produk foto yang termasuk didalam paket adalah album, karena sebuah foto belumlah selesai jika foto itu tidak tercetak dengan baik menggunakan sebuah media, entah itu media kertas, kanvas, kayu atau bahkan kaca sekalipun. Oleh karena itu, Album adalah produk utama yang ditawarkan oleh Gepy. Selain album, anda juga akan mendapatkan all files dan edited files yang tersimpan dalam flash drive dengan kapasitas yang sesuai.

BERAPA LAMA ALBUM BISA DITERIMA OLEH KLIEN ?

Gepy tidak pernah menggunakan template untuk mengerjakan sebuah foto. Semuanya costumize karena setiap foto mempunyai mood dan emosi yang harus diolah satu per satu. Editing membutuhkan waktu dan pengerjaan album juga membutuhkan waktu. Semua produk fotografi Gepy akan diterima klien tidak lebih dari 2 bulan setelah acara.

JENIS ALBUM YANG DIPAKAI OLEH GEPY ?

Gepy memilih menggunakan album jenis Photobook atau beberapa orang menyebutnya sebagai Coffee Table Book. Tidak sembarang produk photobook yang ada di pasaran, pemilihan vendor juga sudah melalui proses screening test print oleh Gepy. Gepy menggunakan 2 jasa vendor percetakan yaitu Imagination (Jogja) dan PICBIT (Jakarta). Menurut Gepy, kedua vendor tersebut mempunyai mesin printing yang bisa membaca style foto Gepy yang penuh dengan faktor warna, gradasi dan shadow.

GEAR/KAMERA YANG DIPAKAI GEPY ?

Gepy selalu membawa/menggunakan 2 kamera tiap bekerja. Kamera yang dipakai Gepy adalah EOS Canon 6D dan EOS Canon 7D. Tujuannya agar lebih mudah menjangkau 2 karakter lensa (zoom dan wide) dalam sekali berdiri. Ada 1 kamera lagi yang selalu dibawa Gepy yaitu SONY Alpha 6000 (a6000) yang berfungsi sebagai backup plan. Selain kamera, Gepy juga menggunakan Double Leather Strap by LEBAGE yang kuat dan lentur karena terbuat dari kulit asli.

DISKUSI & MEETING

FACE TO FACE MEETING

Gepy tinggal di Magelang tapi bersedia untuk face to face meeting dengan anda yang berdomisili dimana pun. Bertemu, bertatap muka, mendengar sendiri informasi yang disampaikan adalah prinsip yang dipegang Gepy hingga hari ini. Menurut Gepy, cara ini adalah cara paling efektif untuk menemukan titik temu antara dua pihak dalam usaha saling percaya dan saling membutuhkan. Selain itu, dengan bertemu Gepy merasa lebih leluasa menjelaskan jasa yang ditawarkan dengan memperlihatkan portfolio foto dengan beragam cerita didalamnya. Anda juga akan semakin mudah membuat keputusan jika bisa mengenal Gepy secara langsung, melihat hasil-hasil karya nya dan produk foto yang dibawa. Tidak hanya itu, pengalaman Gepy selama memotret akan memberikan referensi bagi anda untuk mempersiapkan hari besar anda nantinya.

ONLINE MEETING

Hampir 80% klien yang pernah ditangani oleh Gepy berasal dari luar kota. Gepy tidak jarang untuk berkomunikasi dengan mereka melalui media sosial seperti Facebook, Instagram, email dan whatsapp. Kemajuan teknologi memudahkan yang jauh menjadi dekat. Tidak semua calon klien bisa bertemu dengan Gepy karena alasan jarak. Tapi hal tersebut tidak mengurangi konten yang dibawa Gepy untuk menjelaskan kepada anda jasa dan produk foto apa saja yang ditawarkan oleh Gepy kepada anda. Bahkan beberapa klien Gepy pernah berdiskusi dengan Gepy menggunakan aplikasi Skype. Di dunia yang serba maju seperti sekarang ini, jarak tidak menjadi masalah untuk mencari dan menemukan fotografer yang tepat untuk acara pernikahan anda.

DESTINATION WEDDING 

APAKAH GEPY MENERIMA PEKERJAAN DILUAR KOTA ?

Gepy bersedia untuk memotret dimana saja dan kapan saja sesuai dengan jadwal yang sudah diatur sebelumnya. Ada beberapa penambahan biaya untuk pemotretan diluar kota karena ada beberapa penambahan item biaya seperti transport, penginapan dll. Untuk penambahan akomodasi ini Gepy tidak mematok harga khusus karena setiap acara pernikahan mempunyai keunikan sendiri-sendiri. Oleh karena itu silakan berdiskusi dengan Gepy untuk mendapatkan solusi yang terbaik.

 

BOOKING, RATE & INVESTMENT

BAGAIMANA CARA BOOKING ?

Anda cukup memberi tahu kapan dan dimana acara anda akan digelar. Setelah ada penyocokan jadwal, kami akan konfirmasi kepada anda mengenai slot yang anda minta. Gepy tidak pernah mau dan tidak pernah bisa menerima 2 pekerjaan atau lebih dalam 1 hari karena bagi Gepy, setiap klien yang datang kepadanya adalah orang yang istimewa dan tidak pantas untuk mendapatkan fotogafer lain selain Gepy sendiri. Setelah pencocokan jadwal, untuk booking tanggal anda cukup membayar DP kepada kami sebesar 10% – 15% tergantung dengan total harga yang disetujui kedua belah pihak.

HARGA

CARA PEMBAYARAN

Mekanisme pembayaran melalui 3 tahap pembayaran yaitu : DP sebesar 10%, pembayaran kedua sebesar 50% maksimal 2 hari sebelum acara, dan 40% pelunasan maksimal 2 hari setelah acara selesai atau file-file anda tidak akan kami mulai kerjakan sebelum pelunasan dipenuhi.