tips memillih fotografer jogja

Terkadang memilih itu menjadi sesuatu yang sulit. Mungkin karena kualitas yang berbeda tipis, atau mungkin karena harga. Banyak variabel yang dipertimbangkan untuk memilih sesuatu. Jika pernah ikut orang tua (ibu) anda ke pasar, anda akan mengerti betapa hebatnya orang (ibu) ini memilih sesuatu yang dicarinya dengan tepat! Jangan heran, ibu saya rela jalan dari ujung ke ujung hanya untuk sebuah sayur kol. Selain harga, kualitas barang yang ditawarkan penjual pun menjadi variabel yang tidak dilewatkan oleh ibu saya. Jangan sampe dapet harga sama tapi barangnya tidak menarik atau tidak higienis. Memang sih, nanti sampai rumah ujung-ujungnya di potong-potong trus di masak. Justru inilah nilainya, jangan sampai kita membeli sesuatu tanpa mengerti apa yang kita beli, baik kualitas mau pun harganya.

Sejalan dengan ibu saya memilih sayur kol di pasar, bagaimana memilih vendor fotografi yang tepat untuk acara anda? Apa saja yang perlu ditanyakan? berikut tips nya :

  1. MEDIA SOSIAL

Gunakan media sosial seperti facebook dan instagram untuk memulai pencarian anda. Saat ini hampir semua vendor fotografi menempatkan portfolio di media sosial sehingga memudahkan anda untuk memilih. Gunakan tanda pagar / hashtag untuk mencari di Instagram, contoh : #weddingphotographer #weddingjogja #preweddingjogja #fotograferpernikahan dan dengan mudah anda akan menemukan beberapa pilihan dibawahnya beserta contoh hasil karya mereka. Pilihlah fotografer dengan style foto yang sesuai dengan keinginan anda. Jangan pernah anda memaksakan seorang fotografer melakukan pekerjaan fotografer lain hanya demi sebuah alasan harga yang lebih terjangkau. Saya pastikan, anda tidak akan mendapatkan yang anda mau. Seorang fotografer memiliki keunikan dan style foto sendiri yang mereka tampilkan sebagai portfolio di tiap akun sosial media mereka. Sekali lagi, jangan pernah meminta seorang fotografer melakukan pekerjaan fotografer lain, karena pada akhirnya setelah anda sadari, anda hanya membeli barang imitasi.

*photo by Irawan Gepy Kristianto ( @igkbygepy )
  1. BROWSING LINK LAIN

Setelah menemukan vendor fotografi (melalui instagram, misalnya), cobalah untuk mencari link lain dari vendor tersebut melalui google. Cara ini untuk memastikan ke-bonafit-an vendor fotografi yang anda cari. Biasanya anda akan menemukan website mereka. Mulailah untuk mendalami setiap vendor yang anda pilih. Cari tahu siapa mereka, dan apa saja yang sudah mereka kerjakan dalam dunia fotografi. Cari tahu siapa saja yang bekerja sama dengan fotografer pilihan anda.

  1. APRESIASI

Beberapa fotografer di Indonesia mulai melek dengan dunia luar (negeri). Beberapa dari fotografer terdaftar sebagai International Wedding Photographer di beberapa pilihan organisasi internasional. Berikan apresiasi kepada mereka dengan menempatkan mereka di top list pilihan anda karena dengan mendaftar sebagai anggota organisasi/asosiasi internasional, mereka menunjukkan dedikasi mereka sebagai wedding photographer.

  1. HUBUNGI FOTOGRAFER ANDA

Hubungi fotografer anda melalui nomor/kolom pesan yang ada dihalaman mereka, atau melalui email. Tanyakan tentang apa saja yang anda ingin tau dari fotografer pilihan anda. Ceritakan apa yang anda butuhkan, dan biasanya fotografer akan menawarkan yang terbaik bagi anda.

  1. KENALI FOTOGRAFER ANDA

Jangan terlalu cepat memilih. Bagaimanapun, fotografer adalah penjual jasa yang akan memasang muka manis kepada anda. Kenali fotografer anda lebih lanjut. Cobalah bertanya secara intens mengenai paket dan cara dia memotret. Jika memungkinkan, ajak ketemu untuk sekedar ngobrol. Telusuri dengan bijak orang yang akan merekam salah satu peristiwa sejarah dalam hidup anda.

  1. PRODUKSI & HASIL CETAK

Tanyakan, bahkan mintalah fotografer anda membawa contoh album yang mereka tawarkan ke anda. Dewasa ini dunia percetakan berkembang sangat pesat dengan kompetisi yang ketat. Namun justru persaingan itu membuat kualitas cetak makin beragam, mulai dari jenis media (kertas) yang dipakai, hingga mesin cetak itu sendiri. Jaman dulu hanya ada mesin cetak foto yang dicetak diatas media (kertas) foto. Sekarang ini berkembang mesin cetak foto yang menggunakan kertas (bukan kertas foto) sebagai media-nya. Tidak semua fotografer paham dengan karakter kertas yang dipakainya, dengan karakter foto yang dia anut. Parahnya, jika ada kesalahan pemilihan kertas yang terjadi justru sebaliknya alih-alih membuat sebuah foto dicetak dengan baik. Oleh karena itu, minta lah kepada fotografer anda untuk membawakan contoh album yang pernah dia kerjakan.

*album foto Irawan Gepy Kristianto ( @igkbygepy )
  1. DETAIL PAKET

Ini adalah masalah pertama yang saya hadapi sebagai wedding photographer. Banyak dari klien saya yang tidak paham dengan paket yang dia beli. Padahal diawal sudah dijelaskan, apa saja yang akan didapat. Tidak dari pasangan saja, biasanya orang tua juga ikut menanyakan jika ada satu produk yang biasanya ada, tapi tidak ada dalam paket yang dipilih. Oleh karena itu, tanyakan setiap paket yang disediakan oleh fotografer. Tanyakan apa saja yang sudah termasuk didalam paket dan apa saja yang perlu ditambah. Jangan sampai anda menyesal setelah semua produk selesai dan diantarkan kerumah anda.

  1. HARGA

Ini adalah perihal paling penting. Bukan hanya sebagai tolok ukur, tapi juga sebagai variabel untuk menjaga anggaran acara anda tidak membengkak. Jangan pernah malu untuk bertanya mengenai harga, karena anda yang memegang peranan.

  1. ALASAN KENAPA HARUS MEMILIH MEREKA (FOTOGRAFER)

Pertanyaan ini jarang dilontarkan oleh mayoritas orang yang sedang mencari fotografer. Saya beri tahu, anda berhak dan harus menanyakan apa yang menjadi alasan mereka untuk menjadi fotografer di acara pernikahan anda. Anda akan mendapatkan jawaban yang tepat jika dijawab oleh fotografer yang tepat. Tidak perlu bertele-tele, karena anda sudah tau jawabannya dan suruh si fotografer menemukan alasan itu untuk anda. Seharusnya, seorang wedding photographer yang pengalaman tidak akan kesulitan menjawab ini dan demikian pula anda tidak akan sulit untuk memutuskan siapa fotografer anda nantinya.

  1. CARA PEMBAYARAN

Terakhir, tanyakan skema pembayaran mereka. Jangan sampai anda lupa bertanya, tidak masuk dalam sistem mereka, lalu wedding anda dilupakan begitu saja karena anda dianggap belum melakukan pembayaran sama sekali dan jadwal acara anda belum dicatat oleh mereka.

Itulah 10 pertanyaan yang wajib anda tanyakan kepada fotografer yang akan merekam salah satu sejarah dalam hidup anda. Jangan lupa bahwa ada berjuta-juta vendor fotografi diluar sana. Yang termahal belum tentu yang terbaik bagi anda. Begitu pula yang termurah pun belum tentu sama dengan selera anda. Hati-hati dalam memilih, dan enjoy browsing!

ditulis oleh :
Irawan Gepy Kristianto ( @ igkbygepy )

2 thoughts on “10 TIPS MEMILIH WEDDING PHOTOGRAPHER

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *